Ditjen Pajak Ubah Pemeriksaan Pajak, Diharap Masyarakat Sambut Positif

Smconsult – Banyak yang tidak menyadari betapa pentingnya membayar pajak, bahkan beberapa orang cenderung bersikap kurang perhatian padahal pajak yang dibayarkan untuk kepentingan Negara dan kepentingan masyarakat pada umumnya bukan untuk pemerintah atau pejabat Negara.

Tahukah Anda jika kini pemeriksaan pajak dilakukan dengan cara yang berbeda? Kementerian Keuangan melalui Dirjen Pajak akan melakukan program revitalisasi pemeriksaan pajak dalam rangka membantu meningkatkan keadilan serta keualitas dan juga tata kelola dalam proses pemeriksaan pajak. Program ini juga dilakukan untuk membantu menghindari kesalahpahaman atas hasil dari pemeriksaan pajak.

Direktorat Jenderal Pajak, Robert Pakpahan mengatakan jika revitalisasi pajak juga diperlukan meningat begitu banyaknya volume keberatan yang sudah diajukan wajib pajak. Untuk memulai program revitalisasi perpajakan, Direktorat Jenderal Pajak akan melakukan langkah konkret salah satunya, melakukan percepatan restitusi pajak. Yang kemungkinan besarnya akan membawa pengaruh terhadap efisiensi SDM.

Pemeriksaan Berbasis IT

Setelah itu, revitalisasi pajak akan dilakukan dengan cara mengelompokkan wajib pajak dengan keluhan kelebihan pembayaran pajak serta kekurangan pembayaran pajak, hal ini selanjutnya akan dimasukkan dalam kriteria tertentu.

“Peningkatan akurasi dan konkretnya data penentuan wajib bajak yang sudah diperiksa menggunakan penguatan analisis risiko. Dalam memilih dan menentukan wajib pajak kami akan mencoba memperbaiki penetapannya terlebih dahulu, supaya nanti penggunaan data analisis resiko terpercaya dan tata kelolanya membantu mengurangi keputusan secara subjektif” ujar Robert. Untuk membantu mendorong revitalisasi pajak pemeirntah akan melakukan beragam cara termasuk meningkatkan kualitas mutu pemeriksaan, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan berbasis system IT terintegrasi. Setelah itu melakukan penguatan tata kelola pemeriksaan dengan cara membentuk Komite Pengendalian Mutu Pemeriksaan.

Sengketa pemungutan pajak ke wajib pajak hingga saat ini memang sering terjadi, masyarakat yang belum memahami betapa pentingnya membayarkan pajak cenderung tidak peduli padahal pemerintah terus berusaha menekankan betapa pentingnya membayar pajak dan menghindari sanksi pajak bagi para wajib pajak yang mengalami keterlambatan membayar pajak baik itu pajak orang pribadi atau wajib pajak badan atau perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *