Arti Cross Imunoterapi

Apa arti cross imunoterapi? Sistem kekebalan tubuh adalah suatu sistem yang terdiri dari berbagai organ dan sel yang saling membantu mempertahankan tubuh dari pengaruh luar. Meski begitu, banyak hal yang kita belum tahu tentang sistem imun kita sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang cukup unik dari sistem pertahanan atau imun kita.

 

Bagaimana teknik kerja sistem kekebalan tubuh mengawal kesehatan Anda?

Melalui rangkaian proses yang kompleks, tubuh akan melindungi diri dari berbagai benda asing (antigen) yang masuk ke dalam sistem tubuh. Inilah yang disebut respon kekebalan tubuh.

Antigen ini dapat berupa mikroba laksana bakteri, virus, parasit, dan jamur. Bahkan organ atau jaringan orang lain yang didonorkan pada kita bisa saja dianggap sebagai benda asing oleh tubuh dan mendapatkan penolakan.

Nah, kunci utama sistem kekebalan tubuh yang sehat ialah saat sistem inidapat membedakan antara diri sendiri dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, apabila terdapat benda asing yang masuk dalam tubuh, maka secara spontan tubuh akan bereaksi dengan membentuk pertahanan diri agar tidak terkena dampak negatif dari benda tersebut.

Arti Cross Imunoterapi

Imunoterapi

Pada awal tahun 2000-an, ilmuwan mulai mengembangkan konsep terapi baru guna mengatasi penyakit kanker, yakni imunoterapi. Terapi ini bekerja dengan memperkuat sistem imun agar mampu menghadapi benda asing, termasuk sel kanker, dengan lebih efektif. Ada dua kiat yang dapat dilakukan dalam imunoterapi. Pertama,menciptakan sistem imun tubuh yang sudah ada menjadi lebih dominan  kuat sehinggadapat membunuh sel-sel kanker. Kedua, menambahkan komponen baru pada sistem imun dengan merekayasa sel-sel imun ini yang intinya sama, agar mereka lebih dominan  kuat melawan sel-sel kanker.

Cross Imunoterapi sendiri adalah sebuah imunoterapi yang terjadi secara natural. Misal, saat pasangan suami istri sedang dalam hubungan seksual, maka timbullah perasaan bahagia yang memicu produksi antibodi guna melawan kanker. Oleh sebab itu, tidak sedikit dokter yang menyarankan supaya penderita kanker diserahkan rasa tenang melalui sekian banyak  cara yang mempunyai sifat sosial dan empatik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *